Home » Game Online » Jumlah Pengguna Game Online di Indonesia Bertambah Setiap Harinya

Jumlah Pengguna Game Online di Indonesia Bertambah Setiap Harinya

raiseminwage.orgJumlah Pengguna Game Online di Indonesia Bertambah Setiap Harinya, Indonesia peringkat ke-17 dunia dengan pengguna game online terbanyak. Menurut data Newzoo pada 2019 silam, pengguna smartpone di Indonesia telah mencapai 150 juta lebih dan lebih dari 100 juta adalah pemain game online.

Prediksi Gamer Indonesia Mencapai 100 Juta Orang

Game Online
Prediksi Gamer Indonesia Mencapai 100 Juta Orang

Jumlah gamer di Indonesia saat ini diprediksi sudah mencapai 100 juta orang. Dari jumlah tersebut. 19.9 juta diantaranya adalah gamer online berbayar dan rata-rata pengeluarannya mebcapai 9,12 dolar Amerika Serikat (AS). Operation Senior Manager (OSM) Consumer Marketing Telkom Regional III Jawa Barat (Jabar), Ivan Wiryawan Herowardana, mengatakan, tingginya jumlah gamers di Indonesia, khusunya yang menggunakan games online, meningkat kebutuhan layanan dengan spesifikasi khusus. Salah satunya terkait kecepatan internet.

“Para pemain game online membutuhkan internet yang cepat dan stabil,” katanya, di Bandung, senin, 6 Agustus 2018. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, menurut dia, Telkom melancarkan paket IndiHome Gamer yang menggunakan IP Public terletak pada kecepatannya karena tanpa harus melalui mekanisme Network Address Translation (NAT).

Hal tersebut dikarenakan distribusi game yang kini tak hanya tersedia pada konsol saja, melainkan merambah ke smartphone atau tablet. Dengan begitu, berbagai game bisa dengan mudah diakses dan dimainkan oleh para gamer. Bermain game bahkan menjadi aktivitas yang rutin dilakukan oleh masyarkat lintas gender dan usia.

Hasil studi bahkan menunjukkan, mayoritas aktivitas yang dilakukan masyarakat yang dilakukan melalui smartphone yaitu bermain game (25%). Mereka rata-rata bermain game mobile dengan durasi 53 menit. Aktivitas lainnya yang dilakukan pengguna dengan smartphone yaitu bersosial media (17%), streaming video (12%), browsing (10%), hingga berbelanja online (7%).

Menariknya, jumlah gamer mobile juga tak kalah populer di kalangan perempuan. Studi Pokkt dengan Desicion Lab menunjukkan basis gamer di Indonesia terdiri dari 49 persen pengguna smartphone laki-laki dan 51 persen perempuan. Artinya, kepopuleran gim mobile tak hanya diakui oleh kalangan laki-laki saja.

Dari sisi usia, gamer di Indonesia tak hanya digandrungi oleh kalangan muda saja. Studi menunjukkan seperempat dari jumlah total gamer memiliki usia 16-24 tahun dan 25-34 tahun, dimana persentasenya masing-masing 27 persen. 24 persen lainnya tercatat berusia 35-44 tahun. Pengguna smartphone dengan usia 45-54 tahun juga turut aktif memainkan gim mobile dengan persentase 17 persen dari basis gamer di Indonesia.